Suka Komik Jepang

Hasil wawancara: SK (mahasiswa Jepang) pada R (teman Indonesia)

Saya menerima informasi dari Ibu Tuti dan mulai berkirim e-mail dengan R. Nama lengkapnya ARDW, dan panggilannya R. Tahun ini umurnya 22 tahun, sama dengan saya. Dia lahir di Ponorogo, kemudian tinggal di Madium. R studi Sastra Inggris di Indonesia, tetapi setelah datang ke Jepang pada tanggal 3 April tahun ini, studi Sastra Jepang di Universitas Nagoya.

Salah satu hobi R adalah menonton anime. Saya juga suka anime dan komik, jadi kami bercakap-cakap tentang anime dan komik dengan senang. R lebih suka SHONEN komik (satu jenis komik), contohnya Naruto, One piece, Dragon Ball, Gintama, Slam Dunk dan lain lain. Dia juga suka komik anak-anak yang cerita lucu, contohnya Doraemon dan Yotsubato. Menurut R, komik-komik Jepang sangat populer di Indonesia. Bahkan ada acara-acara atau kompetisi tentang cosplay. Untuk lebih tahu tentang kebudayaan Jepang R mempelajari dongeng-dongen Jepang. Dia tahu Urashimataro, Momotaro, Kintaro, dan lain lain. Dongeng-dongeng Jepang kurang populer di Indonesia.

Komik dan anime membantu R dalam belajar bahasa Jepang. Ketika R masih ada di Indonesia, dia membaca komik-komik dalam bahasa Indonesia. Setelah datang ke Jepang, dia mulai membaca dalam bahasa Jepang. Membaca komik membantunya dalam belajar bahasa Jepang. Kalau menonton anime-anime, R lebih suka menonton dalam bahasa Jepang dengan subtitle bahasa Inggris, karena dia suka dengan pengisi suara pada anime. Menonton anime juga membantu R untuk bisa belajar bahasa Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s