Seorang teman Indonesia yang sudah lama tinggal di Jepang

Hasil wawancara: NH (mahasiswa Jepang) pada R (teman Indonesia)

Saya bertemu dengan ibu R, nama lengkapnya NRH, berasal dari Bandung. Beliau bekerja sebagai peneliti di pusat penelitian gumpa bumi dan gunung api di dalam Universitas Nagoya. Beliau tinggal di Umemorizaka Meitou ku di Nagoya bersama dengan keluarganya, yaitu suami dan anak-anak. Suaminya belajar sebagai mahasiswa di tempat yang sama, namanya EG. Mereka punya anak 2, yang besar usianya 8 tahun, namaya Z. Yang kecil usianya bertahun 5, namanya A.

Mereka senang sekali pergi ke jalan-jalan. Misalnya, mereka sering pergi ke kebun binatang Higashiyama dekat dari rumah mereka pakai dengan sepeda. Dan mereka suka pergi ke tempat berbagai. Mereka pernah pergi ke Gunung Fuji, Shirakawa gou, dan lain lain. Pada libiran musim panas, mereka akan pergi ke Perancis untuk bertemu orang tua ibu R.

   Saya mau mengajak mereka pergi ke Bandung kalau kami bisa. Bandung adalah kampung halaman ibu R, tetapi beliau tidak bisa sering pulang ke sana selama beberapa tahun. Karena penelitiannya sibuk sekali, dan Anak-anaknya sudah pergi ke sekolah Jepang. Mungkin mereka belum pernah mengunjungi Bandung. Ketika saya berbicara kepada Ibu R tentang pengalaman saya di Indonesia, ibu R bilang “ Anda pergi ke Indonesia banyak sekali daripada saya.” Oleh karena itu, saya berharap mereka sekeluarga bisa sering pergi ke Bandung, dan menikmati kekayaan alamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s