Shinran 親鸞

Ulasan dari penerjemah (Parastuti)

Shinran adalah seorang biksu yang hidup di awal sampai pertengahan jaman Kamakura. Lahir tahun 1173 dan meninggal tahun 1262. Semasa hidupnya banyak dihabiskan di kota Kyoto.

Biksu Shinran menyebarkan ajaran 浄土真Jodoshin, salah satu aliran dalam agama Budha. Ajaran Jodoshin bersifat kerakyatan, dalam arti tidak muluk-muluk, semua orang biasa bisa melaksanakan ajaran ini. Ajaran yang disebar oleh Biksu Shinran, salah satunya adalah, 地獄の里夢金次第Jigoku no Satomu Kane Shidai, artinya, Neraka pun dihuni oleh orang yang berduit, karena ajaran-ajaran sebelumnya, mengkondisikan hanya orang-orang berduit saja yang bisa pergi ke Surga. Karena dengan adanya finansial yang kuat, logikanya lebih bisa focus beribadah tanpa memikirkan masalah perut.

Hal inilah yang menjadikan karakteristik dari seorang biksu Shinran, sehingga mendorong pengarang Eiji Yoshikawa sebagai吉川英治歴史時代文庫penulis novel sejarah, untuk menuliskan cerita biksu Shinran dengan cara yang menarik. Cetakan pertama 1990, diterbitkan oleh 講談社 Penerbit Kodansha, dijual dengan harga 740 yen.

Gambar 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s