“5-S”, ala Kerja Jepang

Pernah denger 5-S (cara bacanya Go-es, bukan Lima-Es)? Bagi yang teman-teman sekarang bekerja di perusahaan Jepang bisa dipastikan pastilah tahu dengan istilah ini.

Go-S (5-S) adalah, 5 hal untuk menciptakan situasi dan kondisi kerja yang kondusif, sehingga target utama dalam suatu perusahaan secara keluruhan bisa tercapai. Yang harus diketahui, 5 hal tersebut “bukan merupakan TUJUAN” tetapi “CARA untuk mencapai TUJUAN” tersebut.

Apa sih tujuan dari Go – S (5-S) itu?. Tujuan utamanya adalah mencapai target yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Dengan cara bagaimana? Target tersebut bisa terwujud kalau masing-masing individu ini memiliki tanggung jawab. Yang paling sederhana adalah memiliki tanggung jawab akan kerugian yang timbul. Jika seorang individu itu melakukan tanggung jawabnya, diharapkan bisa memberikan pengaruh positif pada yang lain. Dengan begitu jika semuanya bertanggung jawab untuk menekan kerugian, maka akan tercipta situasi kerja yang baik. Dan hasil yang diharapkan bisa terwujud.

Yang pertama, Seiri 整理 Membuang. Dengan cara memisahkan dan membuang yang sudah tidak diperlukan.

整理 Seiri (mengatur rapi), tidak perlu収納Shuno (menyimpan). Maksudnya, menyisihkan yang benar benar tidak dipakai untuk kerja, dan barang-barang yang tidak diperlukan, disimpannya terpisah.

Yang kedua, Seijun 清純  Standarisasi. Setelah itu barang-barang yang diperlukan diatur sesuai standart yang ada. Sehingga semua orang bisa mengetahuinya dengan mudah.

清純Seijun (mengurutkan), tidak hanya成立Seiritsu (memajang). Maksudnya, mengurutkannya sesuai dengan stadarisasi kerja, tidak hanya asal memajangnya, walaupun dengan kondisi rapi.

Yang ketiga, Seiso清掃.Selalu mengecek. Pada saat pembersihkan, pada saat itu pula diadakan pengecekan pada tempat atau mesin yang sedang dibersihkan.

清掃Seiso (mengecek saat beberes), setelah掃除Soji (bersi-bersih). Maksudnya, saat bersih-bersih, tidak hanya yang terlihat mata saja, tapi sampai ke tempat yang tak nampak dari luarnya. Saat itu sekalian mengecek kelengkapan barang-barang yang diperlukan untuk kerja.

Yang keempat, Seiketsu 清潔 Selalu waspada. Selalu sadar dan waspada pada saat melakukan: Pembuangan, Pengaturan sesuai Standar, dan Pengecekan, sehingga tidak ada kemubaziran.

清潔Seiketsu (selalu ingat) tidak perlu新品Shinpin (pengadaan barang baru). Maksudnya, selalu mengingat dan mengecek, apakah perlu pengadaan barang sebelum membeli yang baru.

Yang kelima, Shitsuke Mematuhi segala peraturan yang sudah ditetapkan bersama.

Shitsuke (mematuhi peraturan), tanpa merasaしぶしぶshibu-shibu (ogah-ogahan), Maksudnya, segala aturan yang ada itu disadari untuk kepentingan bersama, sehingga harus dipatuhi, dan diharapkan juga sumbangsih pikir untuk bekerja lebih praktis, tanpa merasa ogah-ogahan, misalnya mengerjakan terbatas yang diperintahkan saja.

Ada tambahan dari seorang teman yang bekerja di perusahaan Jepang, mulai lulus kuliah sampai sekarang. Di tempat kerjanya, istilah yang kedua, bukan 清純seijun, tetapi dipakai kata 整頓seiton. Setelah, aku cek ternyata arti katanya tidak jauh beda. Katanya pada umumnya perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, meng-Indonesia-kan menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Tetapi di tempat kerja teman tersebut, menggantinya dengan 5P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pemantapan dan Pembiasaan) agar lebih mengena dan mendekati makna yang dimaksud dalam 5-S (bahasa Jepang). Dan imbuhnya lagi, setelah dipakai 5-P lebih terlihat hasilnya. Apa mungkin, karena 5-P itu semuanya dari kata kerja yang dibendakan, jadi lebih mudah dipahami, karena artinya lebih mengarah.


Akaike, cuaca ongkep, kata orang Suroboyo. 25 derajat C, 20130611

2 thoughts on ““5-S”, ala Kerja Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s