Gallery

Usia tinggi = resiko tinggi?

Usia tinggi tidak harus relevan dengan usia resiko tinggi dalam dunia kesehatan Jepang.

高齢出産 (こうれいしゅっさん) Kourei Shussan, adalah sebutan untuk wanita yang melahirkan pada usia tinggi. Akhir-akhir ini menjadi fenomena tersendiri yang muncul di sosial masyarakat Jepang. Yang disebut kourei sussan adalah orang yang melahirkan diatas usia 35 tahun. Dan Rata-rata usia melahirkan di Jepang adalah 38 tahun. Ya….karena kesadaran diri akan kesehatan yang sudah tinggi ditunjang dengan fasilitas kesehatan dan system asuransi yang baik, melahirkan diusia 38 tahun adalah hal yang lumrah ada di Negara ini.

Data Statisik Kementerian Kesehatan Jepang, tahun 2009, wanita yang melahirkan usia 20~24 ada 112.000, dan yang mengejutkan adalah usia 30~34 ada 390.000 lebih dari 2 kali lipatnya. Data tahun 2005, angka wanita yang melahirkan pada usia tinggi meningkat 13% dalam kurun waktu 15 tahun, Jadi bisa dikatakan pada tahun itu, jika ada 4 wanita hamil, 1 diantaranya usia lebih dari 38 tahun.

Mengapa terjadi kecenderungan seperti itu? Beberapa faktor penyebabnya adalah, lambatnya perempuan untuk memutuskan nikah. Dan fasilitas semua penunjang kesehatan berjalan dengan baik. Kenapa wanita lambat memutuskan menikah? Karena tuntutan jaman, banyak wanita yang ingin berkarier setelah lulus perguruan tinggi. Paling tidak selama 10~15 tahun, setelah itu baru menikah. Karena masih banyak kendala, jika wanita menikah dan memiliki anak, tetapi tetap bekerja melanjutkan jenjang kaier di tempat yang sama sewaktu masih belum menikah. Dan di antara mereka tersentak akan fitrahnya sebagai perempuan pada saat kejenuhan rutinitas hidup datang. Di sisi lain mereka ingin memiliki anak untuk mengisi kesepian hidup, di pihak lain, biaya pendidikan dan ketakutan akan resiko kesehatan mental dan fisik si bayi menghantui.

Film ‘Umareru’ ini jika judulnya ditrejemahkan begitu aja, berarti “lahir”. Simak drama TV ini, akan paham bagaimana sosial masyarakat Jepang yang berhubungan dengan melahirkan usia tinggi. Tidak hanya seorang Baby yang lahir, tapi akan banyak hal-hal yang tak terlihat akan lahir/ tercipta. Si tokoh utamanya melahirkan di usia 51 tahun,…dan ini fakta, pada tiap tahunnya ada sekitar 20 orang yang hamil diatas 50 tahun di Negara ini. Simak Video ini   http://dramacrazy.blog.fc2.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s