Posisi ujung tombak Pak Bos

Pak Bos berposisi Ujung tombak

Pagi ini aku tidak ngikuti kata hatiku, berlama-lama dalam futon (kasur ala Jepang). Keluar apartemen dengan bis terpagi, masih gelap,..ditambah rintik hujan dari semalaman. Niatnya memang mau nge-print bekal tuk konsultasi dengan sensei pembimbing siang nanti. Dan,…merasa beruntung, karena pembelajaran hidup satu lagi bertambah. Sempat nyadar juga kalau ternyata, bangun pagi itu membawa rejeki tersendiri dan jika kita tidak bergerak, maka tidak akan ada suatu perubahan dalam diri …pernyataan itu berlaku universal.

Turun dari Kururin basu, sampai Nagakute kosenjo eki, persis di depan pintu masuk mesin karcis berderet 3 orang. Laki-laki berusia matang berpenampilan jas dan over coat yang rapi banget.

Mereka menyodorkan tissue yang berisi propaganda produk mereka. Seorang diantaranya memanggil dengan sebutan shacho pada orang sebelahnya. Shacho… ?? ooo,…rupanya si bos dari kantor itu juga langsung turun tangan. Dia lagi merasakan posisi ujung tombak. si Shacho ingin bersentuhan secara langsung dengan calon pemakai produk.

Salah satu cara promosi yang paling banyak aku jumpai di negara ini adalah menyodorkan tissue dan didalamnya diselipi brosur. Mungkin cara ini paling efektif ya,..Paling tidak dilihat dari kacamata aku sebagai orang awam bidang menajemen pemasaran. Seperti yang dilakukan nelayan, menebar jala dan sembari langsung memegang ikan yang kebetulan terperangkap. Biasanya sih, mereka memperkerjakan seorang arubaito-an (part timer). Pemandangan pagi tadi, membuat aku banyak belajar.

Jadi tersadar banget, dengan adanya si pemimpin turun tangan sendiri, secara tidak langsung sudah menebarkan aroma keterpercayaan yang tinggi pada calon pembeli. Si penerima tissue, seperti aku misalnya, yang gak mungkin membeli produknya (sebuah rumah dengan harga 33.000.000 yen) aja menyempatkan diri tuk menengoknya.

Aku bayangkan, bagaimana ya kalau seorang rektor sebuah universitas ternama, menyebarkan pamflet tuk menyaring calon siswa,…mungkin gak ya….atau mungkin dianggap aneh ya,…

kenkyushitsu, kampus Kendai, 15022013  09 :35  Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s