Link

Keluh kesah mereka yang datang ke Jepang

Keluh kesah mereka yang datang ke JepangArtikel ini dari NHK. Artikel ini berisi tentang orang-orang asing (baca: perawat Medis dan perawat panti jompo, dari Indonesia, Filipina, Vietnam) yang mengadu nasib di negara matahari terbit. Bagaimana mereka mengalami kesulitan dalam pemakaian bahasanya dan pemahaman budayanya, dikupas dalam artikel ini.

Dan dikatakan juga bahwa dari masing-masing negara memiliki kencederungan yang beda jika ditanya apa tujuan mereka datang ke Jepang. Kebanyakan dari Indonesia ingin menyerap teknologi keperawatan dan ingin mempelajari segala sesuatu yang bisa untuk mempertingkat karier, jika nantinya pulang ke negara. Kalau dari Filipin, kebanyakan mereka datang karena pertimbangan upah yang diterima.

Ya,…bagi negara Jepang Jepang pun menerima mereka bukan tanpa kemudahan-kemudahan. Tak ubahnya dengan mereka yang datang, penuh perjuangan, penuh pergorbanan lahir batin, dan yang jelas mereka adalah orang-orang pilihan yang kuat bertahan di hutan belantara-nya negara ini.

Silahkan teman-teman coba menterjemahkan dan memahami isi bacaannya, setelah itu kita diskusikan bersama, bagaimana mereka bertahan dengan berbagai dilema hidup bekerja di negara orang.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s