Gallery

Memulai dengan Bismillah

Dimulai dengan mendaftar tanda ikut serta, di isian Home page Air 1 Travel (http://www.air1travel.com) dan disertai nego untuk bisa membayar nyicil 4 kali, alhamdullillah disetujui, kami resmi menjadi calon haji .

Sebetulnya di HomePage itu ada banyak lagi info-info yang lain, disamping info Umroh,  schedule, flight, itinerary juga dan urut-urutan kegiatan selama di sana. Tetapi karena gak dong sama sekali, minta kiriman dari Surabaya beberapa buku tuntunan menjalankan ibadah haji. Setelah mempelajarinya, dan kembali lagi membuka HomePage itu menjadi lebih paham.

Waktu rata-rata 20 hari (termasuk perjalanan), biasanya tanggal 1 Dzulijah udah mendarat di Jeddah, dengan alokasi waktu sebagai berikut; 5-6 hari di Mekkah, 5 hari  ritual haji (di Mina) dan kembali di Mekkah 3-4 hari, dan yang terakhir 3-4 hari di Medinah.

Begitu selesai Hari Raya, sebaiknya sudah memulai mengurus dokumen-dokumen untuk pengajuan Visa.

  1. Menterjemahkan akte nikah ke dalam Bhs Inggris.
  2. Cek kesehatan, aku dan suami memanfaatkan cek kesehatan tahunan dari Shiyakusho di klinik dekat rumah, jadi hanya mengeluarkan biaya 5000Yen/ orang, padahal kalau di klinik besar bisa 2 kali lipat. Hoken (asuransi dari pemerintah) tidak berlaku. yang perlu diperhatikan adalah tidak setiap klinik mau menerima atau menuliskan di format Health Certificate, sebaiknya kita menanyakannya terlebih dahulu.
  3. Kartu bukti vaksin. Vaksin meningitis ini mahal, 9000 Yen/ orang dan pada klinik2 tertentu aja, di Aichi ken hanya bisa di klinik Kanayama Family Clinic (dekat Kanayama eki), Meitetsu Hospital dan Gamagori hospital. Jangan lupa minta bukti berupa kartu bahwa kita sudah vaksin
  4. Mengisi pengajuan Visa, form bisa download di HP
  5. Foto 4 lembar dasar putih (foto lama pun tak jadi soal)
  6. Foto copy Alien card (KTP Jepang 外国人登録書)
  7.  在学証明書Surat keterangan dari tempat studi atau 就職証明書 surat keterangan dari tempat keerja.

Semuanya di kirim plus paspor asli, pake kakidome/ surat tercatat (530 Yen). Usahakan semuanya terkirim sebulan sebelum keberangkatan. Oh ya,…vaksin influenza juga sebaiknya dilakukan lhoo,…walaupun gak wajib, untuk ketahanan diri sendiri.

Trus masalah latihan manasik, rupanya tahun 2012 ini hanya dilaksanakan sekali di Sekolah Republik Indonesia Tokyo, 2 minggu sebelum berangkat. Apa mungkin hanya sedikit saja yang dari Nagoya, sehingga tidak diselenggarakan di luar Tokyo.

Jadi ya cul2an aja, belajar2 sendiri, berdua ama suami, browsing2 cari info2 dan ternyata banyak banget kok di You tube, termasuk juga cara pake ihkram. Dan seminggu sebelum berangkat akhirnya nyambung juga dengan beberapa teman yang sama-sama pake travel yang sama yang berdomilisi di Tokyo. Dan seminggu sebelum berangkat kayaknya juga ada pertemuan lagi, tapi bukan khusus calon haji jamaah Indonesia saja,  kayaknya untuk semua yang mau berangkat.

Berkaitan dengan dokumen nomer 6 dan 7, rasa nya susah ya kalau ada orang yang  tinggal sementara di Jepang ini naik haji dari sini. Tapi, ternyata ada kok yang bisa mengusahakannya, tapi bagaimana caranya, aku kurang ngerti.

Itulah sedikit lika likunya ngirim dokument untuk pengajuan visa ke Arab Saudi. Dan sampai menjelang 4 hari sebelum keberangkatan belum juga ada info tentang visa, kapan kepegang tangan. Jadi, ya sempat ketar ketir juga, tapi bagaimana pun juga harus yakin jika Allah sudah membukakan pintu, ya Insha Allah bisa berjaan lancar, aamiin…

Akaike 11Okt2012, Isya

2 thoughts on “Memulai dengan Bismillah

  1. MS says:

    Selamat & semoga mjd Haji (Bu Hajjah) Mabrur, Amin. diusia diatas 45 th ini disamping mengejar impian dunia, alangkah indah & tentramnya hati kalau kita juga mimpi & mengejar kehidupan akhirat kita apapun itu bentuknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s