Gallery

Mail yang memancing kesan buruk

Beberapa waktu lalu aku terima mail dari pihak kampus. Saat baca, ada suatu kekecewaan. Aaahh,..pantas, orang Islam atau pun orang yang beragama masih dipandang sebelah mata oleh mereka (baca: orang Jepang).

Mengapa begitu??

Kejadian 17 lalu yang bersangkutan dengan Aum Shinri-kyou akhir-akhir ini mulai mencuat kembali, setelah tersangka utama tertangkap. Kejadian itu sangat menghantui masyarakat Jepang. Tahun 1995, saat jam-jam sibuk, di sebuah stasiun di Tokyo, dilepaskan gas asap beracun. Beberapa orang meninggal dan beratus orang menjadi korbannya. Peneror mengatas namakan agama tertentu.

Yah,.. kalau kejadiannya di Indonesia, mungkin justru bisa menjadi bahan pelajaran kita untuk lebih bisa mengetahui agama atau keyakinan yang kita anut itu sudah benar.

Tetapi di Jepang tidak begitu,….kita-kita yang ada di sini langsung terkena imbasnya. Coba perhatikan isi mail yang bertuliskan merah.

Dengan begitu, hanya bisa berdoa, semoga berita-berita berikutnya yang masuk ke negara Jepang ini merupakan berita-berita yang menyangkut keagamaan yang bisa memberikan kesan positif pada mereka.

 Isi pemberitahuan via mail itu, kurang lebihnya seperti berikut:    (*ini sengaja aku hilangkan beberapa bagian untuk menjaga kode etik. Dan sengaja aku terjemahkan secara bebas)

Pengumuman ini tertuju pada semua mahasiswa berkenaan dengan ajakan untuk bergabung dengan segala kegiatan yang berbau keagamaan.

Baru-baru ini ada kelompok yang mengatas-namakan kelompok agama yang tidak jelas, menggunakan salah satu tempat di kampus ini. Ada laporan bahwa pada saat istirahat makan siang, kelompok keagamaan tersebut memaksa tiada henti pada mahasiswa untuk bergabung.

Kelompok tersebut mengajak untuk mendalami sebuah agama. Harap berhati-hati, karena begitu anda bergabung didalamnya, akan sulit untuk keluar dari komunitasnya. Dan kehidupan anda akan berantakan, karena anda akan mengalami beban mental, fisik dikemudian hari. Yang lebih penting lagi, kehidupan anda yang sudah tertata dalam segi ekonomi dan keberaturan ritme hidup akan ada kemungkinan berubah total.

Berhati-hatilah jika anda menemui hal yang berikut,

  1.  Ajakan yang tidak terbatas dari komunitas yang mengandung agama tertentu saja, tetapi juga komunitas yang bisa memanfaatkan anda. Karena, mereka akan mengincar anda-anda yang ber IQ tinggi untuk bisa menerima pengajaran dari mereka dan diharapkan anda akan bisa meyebarkannya pada orang lain. Anda harus bisa menolak dengan tegas.
  2. Jika ajakan tersebut ada di luar kampus, dan anda merasa terganggu karena merasa tidak mampu menolaknya, jangan segan-segan melaporkan pada pihak kampus sesegera mungkin, kami akan membantu dan akan menjaga privasi anda.

Teks asli yang aku terima beberapa hari lalu.

         悪質な勧誘行為への注意喚起
 最近、本学教室を利用し、宗教活動への参加を目的として、本学学生を勧誘する悪質な宗教団体があり、執拗な勧誘を受けたとの報告がありました。
 方法としては、昼休み中教室内に数名の学外者が侵入し、教会で行われるゴスペルコンサートへ参加するよう誘い、連絡先を聞き出し、一度参加すると、その後執拗に勧誘を行うものです。
 それと知らず参加するうち、抜け出せなくなり、精神的・肉体的・経済的な負担はもとより、学生生活そのものを台無しにする怖れもありますので、以下の点に充分気を付けてください。
1 宗教にかかわらず、学生の皆さんを狙った勧誘行為は巧妙ですので、安易に連絡先等を  教えず、少しでも不審な点があれば、その時点で強い意志を持って断ってください。
2 学外者が、本学教室を利用することは禁止されていますので、上記のような勧誘を受けた  場合や不審者を見かけた場合は、至急学務部学生支援課へ連絡してください

平成24年6月。。日

……。。。長

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s