Gallery

Keikhlasan lawan dan tanggung jawab diri

Hari ini pertama aktivitasku pada semester ganjil tahun ini. Dan juga rute pertamaku sejak pindah dari apartemen yang posisinya bertetanggaan dengan stasiun Akaike. Stasiun ini persimpangan 2 jalur kereta (jalur subway milik pemda Nagoya dan jalur Meitetsu milik perusahaan swasta, yang beroperasi di daerah sekitar Nagoya).

Dalam kereta yang padat anak sekolah dan orang berangkat kerja, terdengar dialog dua gadis berseragam SMA.

「ねえぇ、。。聞いて…」, “ehhh,.. dengerin ceritaku ya”,…dalam bahasa Indonesia yang alami terjemahannya seperti ini, “eehh,...aku mau cerita nih..…”.

Satu lagi contoh, biasanya di counter-counter bank atau agen perjalanan wisata, ada pamphlet yang disediakan tuk para pelanggan mengambilnya sendiri.  「~もらってもいいですか」, “boleh saya terima pamphlet ini?”,..terjemahan bahasa Indonesia yang alami akan seperti ini “Boleh saya minta pamphlet ini?”

Perhatikan dari sudut mana sebuah aksi dari suatu kata kerja tersebut di antara bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia. Perhatikan juga beberapa ungkapan dalam Bahasa Jepang berikut

財布を落とす (menjatuhkan dompet), untuk mengungkapkan “dompet saya terjatuh

お金を無くす (menghilangkan uang) , untuk mengungkapkan “uang saya hilang

お腹を壊す (merusakan perut), untuk mengungkapkan “perut saya sakit

*Terkadang sempat terlintas dalam pikirku…..Ada nuansa keikhlasan dari lawan bicara dan ada nada tanggung jawab dengan apa yang terjadi pada diri. Bagus banget ya,…jadi tidak ada kambing yang perlu di”hitam”kan. Tapi,..apa karena pola pikir yang kayak gini ya,, yang menyebabkan mereka (orang Jepang) gampang banget stress.

Hehehe,..yang paling baik memang tidak perlu memaksa lawan bicara, dan tidak perlu mencari kambing hitam, jadi tetep nyadar kalau semua yang udah diperbuat adalah sebuah tanggung jawab pada diri. Dan tetep berupaya tuk menjaga sesuatu yang penting, sampai batas maksimal kemampuan manusia, dengan begitu tak perlu adanya stress. (Renungan dalam kereta api bawah tanah tgl 6 april 2012, perjalanan dari Akaike eki ke Yagoto Nisseki eki)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s