Gallery

Karangan dari seorang mahasiswa Jepang: “tentang Jilbab dan tentang meludah”

Ini adalah hasil karangan dari seorang mahasiswa Tahun ke 3, Jurusan Sudi Asia. Bagaimana mereka berkomentar tentang Jilbab dan meludah pada saat puasa. Karangan ini berdasarkan pengalamannya sewaktu home stay selama 2 minggu di Makassar.

 “Indonesia dan Jepang, Perbedaan dan Persamaan antara Jepang dan Indonesia”

Kadang-kadang di Jepang juga terlihat wanita pakai jilbab. Jilbab untuk wanita Muslim. Itu ajarah dari agama Islam. Di Indonesia, ada banyak budaya tentang Islam, hari liburan, puasa, baju(jilbab dan Kerudung) dan lain-lain. Saya tertarik khususnya tentang baju dan puasa.

Pertama, tentang baju. Wanita Muslim pakai jilbab atau kurudung yang macam-macam warna dan bentuknya. Tetapi waktu bekerja, banyak wanita pakai yang warna putih supaya tidak menyolok. Di toko jilbab dan kurudung, Indonesia, sangat banyak dijual. Harga itu kira-kira Rp.35,000. Saya suka jilbab dan kurudung karena semua terlihat cantik. Waktu mencoba pakai jilbab di Indonesia, saya pikir, jilbab dan kurudung penting untuk wanita, sebagai fashion, sama dengan hiasan rambut bagi orang Jepang. Di toko ada banyak baju, tetapi semua beda. Jadi, wanita Muslim bisa menampilkan diri dengan pakai jilbab dan kurudung.

Kedua, tentang puasa. Di Makassar, saya terkejut waktu terlihat orang-orang meludah di jalan. Banyak orang, orang muda, wanita, adik, kakek, nenek juga meludah. Dari buku itu, saya tahu kenapa mereka meludah. Hal itu karena puasa. Dalam puasa prang Muslim tidak boleh makan dan minum dari pagi sampai matahari terbenam. Kemudian ada orang yang berpikir tidak harus minum ludah juga. Mereka meludah untuk mematuhi agama Islam. Saya tidak tahu apakah alasan benar atau tidak. Tetapi jika benar, “meludah” itu perlakuan yang baik. Saya pernah memcoba berpuasa 1 hari saja, haus dan capek. Saya tidak mengkin lakukan puasa! Orang Muslim hebat!! Tetapi waktu pergi ke tempat solat Idul Fitri dan mengikuti suasana Lebaran, menarik dan senang sekali.

Dari 2 pendapat ini, saya merasakan kesamaan dan perbedaan di antara Indonesia dan Jepang. Itu sangat menarik bagi saya.

インドネシアにはイスラーム教ならではの文化が多くある。服装では、ムスリムの女性が着用するジルバブとクルドゥンが特徴的である。お店では様々な色や形のものが売られており、日本人女性にとっての髪飾りと同様、現在のインドネシアではジルバブやクルドゥンがファッションアイテムとなっている。

断食もまたイスラーム教文化のひとつである。マカッサルでは老若男女問わず唾を吐くが、それは断食中は唾を飲むことすらも良しとせず、イスラームの教えを守るためであると考えられる。

Leave a Reply

