Gallery

Tertutup di antara yang terbuka

「やっぱり異文化って面白いですね」 ”Yappari ibunka`tte omoshiroi desu ne”, “memahami budaya lain memang menarik ya”,…itulah kira-kira artinya. Ucapan ini menutup sekilas pertemuanku dengan seorang ibu tengah baya, dii lobby perpustakaan kampus kemarin siang .

“Gaikoku no kata desu ka?” “Anda orang Asing?”,….edan betul orang yang bertanya ini. Lha wong jelas pakai kerudung, dan tatalakunya jelas ga sama dengan mereka, kok masih dipertanyakan. Tetapi memang penampilanku ini, menimbulkan tanya tersendiri bagi mereka. Setiap kali aku melangkahkan kaki masuk pintu gerbang kampus, aku merasa semua mata memandang. Dengan ekor matanya, mereka mencuri-curi tuk melihat penampilan yang bagi mereka sangat aneh. Hawa panas kayak gini kok tubuhnya masih ditutup rapat. Dan pasti didalam kepalanya akan timbul penasaran, semoga rasa penasaran mereka membawa kearah kebaikan.

Dalam minggu -minggu ini cuaca di Jepang pada umumnya masuk tsuyu (masa curah hujan dengan debit tinggi, akan berlangsung selama kira-kira 2 minggu). Dan hari itu memang Nagoya dan sekitarnya berawan mendung, terasa panas yang ga enak ( ongkep *bahasa suroboyoan). Musim panas di Jepang terasa panas sekali, suhu tertinggi 36 C, padahal 3-4 bulan yang lalu masih 10 C.

Si ibu tadi, ternyata seorang pengajar Ilmu Budaya dari kampus tetangga. Beliau pernah juga ryoko (travelling) ke Mesir. Wajar kalau penampilanku menarik perhatiaan beliau. Diantara ratusan siswa putri, aku satu-satu nya yang berkerudung di kampus ini, disaat orang lain berlomba mengeluarkan aurat-auratnya yang tanpa mereka sadari bisa memancing lawan jenisnya.

Mungkin hanya ini yang sementara bisa kulakukan tuk memberikan pengertian dan menyebarkan luaskan info, bahwa Islam bukan teroris. Islam agama yang mengajarkan kesantunan dalam berpakaian. Dengan begitu akan ada kesantunan juga dalam bertutur kata, dalam berkomunikasi dan dalam menjalin perdamain dimuka bumi ini.

Nagoya@20100623/13:20 berawan

by Paras Tuti on Wednesday, June 23, 2010 at 2:58pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s