Gallery

Volunteer Tour di tengah Tsunami

*Tulisan ini di buat pada saat 54 hari berlalunya, bencana gempa dan tsunami besar terjadi di Jepang.

Acara TV pagi ini, bertema:   ボランティアに参加ツアー, `Volunteer Tour` atau `Baksos Tour` atau apa pun namanya, tidak kutemukan terjemahan yang pas

“Hebat !!!” hanya kata itu yang bergema di hati.

 

Kenapa, hebat??

Pertama, bahasa mereka, tak  miliki kata “ikhlas”, tapi mereka  memiliki perilaku itu. Jika coba buka kamus Indonesia-Jepang, tidak akan kita temukan arti yang pas tuk terjemahkan kata “ikhlas” itu. Sedangkan kita yang  jelas-jelas miliki kata itu dalam bahasa ibu, terkadang keikhlasan itu masih “digandoli” dengan berbagai persyaratan.

Kedua, mereka serba tertib.

“Lha wong mau berbuat baik aja kok kudu ngikuti aturan”, itu awalnya yang ada dalam pikiranku. Ternyata, alasan agar korban tidak bertambah, pemerintah Jepang selektif banget tuk berikan ijin pada volunteer-volunteer itu masuk ke area bencana.

“Oooohh ternyata itu salah satu cara mereka tuk menghargai sebuah nyawa”.

Jadi, untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin sumbangkan tenaga , biro-biro perjalanan beramai-ramai membuat paket perjalanan dengan harga  terjangkau. Seperti liburan Golden Week kali ini, biro perjalanan diserbu para volunteer.

Persyaratan  utamanya, selain harus bayar sejumlah uang tuk akomodasi, tempat menginap selama 2~4 hari, harus bisa tunjukan surat keterangan asuransi jiwa dan kesehatan.

Peserta harus membawa perlengkapan pribadi, termasuk obat-obatan dan peralatan seperti sekop, sapu panjang, kaos tangan kerja dan lain sebagainya.

Ternyata tuk berbuat sesuatu tuk orang lain, tak diperlukan suatu ajaran suatu agama tertentu, Mereka tergerak karena hati nurani yang menangis melihat penderitaan sesamanya.

Satu lagi bukti `kepragmatisan` pola pikir mereka terlihat. Mungkin kalau mereka mempercayai suatu ajaran agama tertentu, landasan hati mereka akan menjadi lebih kokoh. Akankan begitu???

Jadi merenung …….

by Paras Tuti on Tuesday, May 3, 2011 at 9:45am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s